slide

Jumat, 14 September 2012

Apa Itu Padi TABELA?


Apa Itu Padi TABELA?

Sumber Gambar: http://www.google.co.id
Sistem tanam padi tabela yang sedang dikembangkan yaitu sistem larikan searah atau sejajar. Tanah sawah yang akan ditanami padi tabela diupayakan dalam keadaan melumpur, jenuh- air, dan tidak tergenang air. Penanaman padi tabela sebaiknys ditunda bila hujan deras. Penanaman benih langsung tersebut dapat dilakukan dengan cara manual atau menggunakan atabela.
a. Prinsip bertanam manual
Alat caplak (goretan) diletakkan di bagian tepi pematang, kemudian ditarik lurus ke depan dan berhenti di pematang yang lain. Kegiatan tersebut terus dilanjutkan sehingga seluruh petakan sawah terbagi oleh alur-alur yang sejajar. Untuk memperoleh alur yang sejajar dua arah, digunakan caplak putar.
Benih padi yang sudah direndam dan diperam dimasukkan ke dalam kantong atau bakul. Penanaman dilakukan dengan cara benih ditabur (wuwur) pada alur-alur yang telah tersedia atau di dap titik pertemuan alur.
b. Prinsip bertanam dengan tabela
Atabela diletakkan di tepi sawah. Bak penampung (hopper) diisi dengan benih padi yang telah diperam semalam. Atabela kemudian ditarik lurus ke depan. Secara otomatis, benih akan keluar melalui rol penakar benih, kemudian jatuh pada alur di dalam tanah. Dengan cara ini, tanaman padi akan tumbuh pada alur searah dengan jarak yang tidak sama.
(Sumber: Budidaya Padi Sawah TABELA/Ir. Setijo Pitojo) 

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More